Ingin Keluarga Selalu Sehat? Baca 12 Tips Merawat dan Membersihkan Rumah ini

20 Mar by Catalina

Ingin Keluarga Selalu Sehat? Baca 12 Tips Merawat dan Membersihkan Rumah ini

Rumah merupakan tempat utama untuk berlindung dan menghabiskan waktu. Maka dari itu kita harus selalu merawat dan membersihkan rumah. Rumah yang bersih dan terawat pastinya membuat penghuni betah dan sehat.

Nah berikut ini disajikan tips merawat dan membersihkan rumah agar keluarga atau penghuni rumah selalu sehat dan betah.

Tips Merawat dan Membersihkan Rumah

  1. Menyapu rumah setiap hari

Debu dan kotoran selalu masuk dalam rumah, jadi walaupun kemarin rumah sudah dibersihkan, hari berikutnya pasti akan kotor lagi. Untuk itu rumah perlu disapu minimal sehari sekali agar selalu bersih dan nyaman.

  1. Mengepel rumah

Mengepel rumah lebih baik dilakukan setiap hari. Namun hal tersebut tidak wajib. Anda bisa mengepel rumah jika lantai dirasa sudah tidak nyaman diinjak atau lantai terasa kotor.

  1. Membersihkan langit-langit rumah

Bagian langit-langit rumah pasti sering ada jaring laba-labanya atau kadang untuk rumah hewan-hewan. Dengan rutin membersihkannya, bisa membuat Anda terhindar dari kejatuhan kotoran yang berasal dari atap.

  1. Membersihkan kolong rumah

Jangan lupa juga membersihkan kolong-kolong rumah. Tempat tersembunyi seperti itu biasanya untuk tinggal hewan-hewan dan menjadi tempat yang menyenangkan untuk cicak. Kadang menjadi tempat hewan buang kotoran juga, jadi sering bersihkan agar tidak ada kuman, bakteri dan virus yang timbul dari kotoran-kotoran hewan tersebut.

  1. Menjaga sirkulasi udara rumah

Faktor satu ini sangat penting. Kalau bisa setiap hari bukalah pintu dan jendela rumah Anda agar terjadi pertukaran udara, dengan begitu rumah Anda tidak akan pengap. Rumah akan nyaman dan membuat betah. Udara yang dihirup saat di rumah pun lebih bersih dan segar.

  1. Memperhatikan kebersihan kamar mandi

Jangan lupa menguras air di bak kamar mandi secara berkala agar tidak timbul jentik-jentik nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah. Kamar mandi juga harus rutin disikat lantai, dinding, bak nya (yang berbahan keramik) agar tidak menjadi kotoran yang membandel.

  1. Rutin membersihkan dapur

Dapur merupakan tempat memasak, tempat menghasilkan makanan, jadi harus sering dibersihkan agar makanan yang dihasilkan juga bersih. Jangan sampai waktu masak terganggu karena banyaknya kotoran.

  1. Sering mencuci dan mengganti keset rumah

Hal satu ini sepertinya sepele karena keset kan hanya untuk kaki. Namun perlu diketahui bahwa keset menyimpan jutaan bakteri dan kuman, jadi harus sering dicuci dan diganti.

  1. Memelihara tanaman

Tanaman sangat diperlukan untuk menghasilkan oksigen dan membuat rumah lebih sejuk. Rumah yang hijau pun terlihat lebih indah dibanding rumah yang gersang, tak ada tanamannya.

  1. Rutin membuang sampah

Sampah akan bau jika tidak segera dibuang. Usahakan setiap hari membuang sampah. Jika rumah ada tempat pembakaran sampah tersendiri, maka rutin lah membakarnya agar rumah tidak bau sampah. Rumah yang bau sampah bisa mengundang lalat. Hmmm sangat tidak nyaman bukan?

  1. Selalu menyediakan tisu atau kain lap

Sediakan tisu atau kain lap agar saat ada tumpahan minuman, makanan, atau lainnya, tumpahan bisa langsung dibersihkan dan tidak meluas ke bagian yang lain.

  1. Usahakan kabel listrik tidak terlihat

Maksud tidak terlihat adalah kabel dimasukkan dalam pipa, jadi tidak bergelantungan di atap ataupun dinding rumah. Karena sangat berbahaya jika nanti terjadi korsleting listrik atau kabelnya mengelupas. Jika ada anak kecil, usahakan juga stop kontak ditutup agar tidak untuk mainan.

+ Add New Category

Nah demikian tadi sedikit tips merawat dan membersihkan rumah. Semoga keluarga  Anda selalu sehat.

Spread the love