5 Tips Mencegah Tertular Penyakit, Meski Tinggal Satu Rumah

31 Mar by Catalina

5 Tips Mencegah Tertular Penyakit, Meski Tinggal Satu Rumah

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Menjaga kesehatan memang selalu perlu untuk kita lakukan. Caranya bisa dengan membiasakan pola hidup sehat mulai dari menjaga kebersihan, mengonsumsi makanan yang tepat dan seterusnya. Akan tetapi, itu saja tidak cukup. Terkadang anda bisa terkena penyakit bukan karena pola hidup yang tidak sehat, tapi karena tertular orang lain. Memang beberapa jenis penyakit menyebar dengan cara menular dari satu penderita ke penderita lainya.

Untuk menghindari terkena penyakit menular, hal yang paling gampang yang bisa anda lakukan adalah menghindar untuk berada di sekitar orang dengan penyakit menular. Selanjutnya, anda juga bisa mempertimbangkan penyakit menular apa itu. Jika penyakit itu hanya menular lewat sentuhan langsung, anda bisa berada di dekat orang yang sakit tanpa perlu khawatir tertular penyakit tersbeut.

Cara Mencegah Penyakit Menular dalam Keluarga

Namun, bagaimana jika anggota keluarga anda di rumah yang sedang sakit? Tetap berikan perawatan terbaik. Jangan takut tertular, tapi tetap berhati-hati agar tidak saling menularkan penyakit. Berikut cara mengantisipasi agar tidak saling tertular penyakit.

  1. Menutup mulut dan hidung

Jika ada anggota keluarga anda sedang terkena flu atau jenis penyakit lainnya yang menular lewat bersin dan sejenisnya, usahakan ketika bersin mulut ditutup. Penyakit semacam ini menyebarkan virus penyebab penyakit lewatr udara. Jadi, ketika bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu agar virus tidak langsung menyebar ke udara. Bahkan kalau perlu gunakanlah masker untuk meminimalisir penularan penyakit. Bagi kamu yang tidak terkena penyakit, tidak ada salahnya juga menggunakan masker.

  1. Menggunakan kamar sendiri

Cara ini cukup ampuh untuk beberapa jenis penyakit menular terutama yang menular melalui udara dan sentuhan langsung. Dengan menggunakan kamar yang terpisah dari anggota keluarga yang lain, penyebaran penyakit bisa diminimalisir karena meminimalisir penyebaran penyebab penyakit. Biasanya penyakit menular disebabkan virus, jamur dan sebagainya. Dengan menggunakan kamar terpisah, makhluk parasite memiliki kemungkinan kecil untuk menyebar ke anggota keluarga yang lain.

  1. Menggunakan barang pribadi berbeda

Menggunakan barang seperti handuk, gelas, sabun batang, dan sebaginya yang sama bisa membuat antar keluarga saling tertularpenyakit. Ini karena beberapa jenis virus penyebab penyakit bisa menular melalui sentuhan tidak langsung. Jadi, menskipun sesame anggota keluarga sendiri sekalipun usahakan untuk memilihi parang pribadi masing-masing. ini menghindarkan anggota keluarga yang lain tertular ketika ada yang terserang penyakit.

  1. Cuci tangan

Untuk menghindari saling tertular penyakit antar anggota keluarga, rajin mencuci tangan bisa menjadi salah satu cara. Ini perlu dilakukan untuk yang sedang terserang penyakit dan yang sehat sekalipun. Dengan rajin mencuci tangan, kebersihat tetap terjaga. Akibatnya, pernularan penyakit bisa diminimalisir. Cara ini lebih efektif terutama dalam menghindari penularan yang bisa terjadi melalui sentuhan tidak lagsung. Sebagai catatan, kebersihan tempat cuci tangan juga harus dijaga. Bahkan bisa dilakukan di tempat terpisah. Jangan sampai penularan malah terjadi di tempat cuci tangan tersebut.

  1. Menjaga kebersihan alat makan

Alat makan seperti sendok, garpu, gelas dan sebagainya bisa saja menjadi sareana penyebaran penyakit. Maka dari itu, menjaga kebersihan dengan mencuci sampai bersih sangat penting unutik meminimalisir penularan penyakit antar anggota keluarga.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mencegah penyakit menular dalam lingkungan keluarga. Bagaimanapun meski tinggal bersama, bukan berarti harus sakit bersama kan?

Spread the love